Enjoy

Enjoy

Welcome to YoeL's Blog

Thank you for visiting my blog. Hopefully my writing will be a blessing for you. ^^

Thursday, November 11, 2010

Pengamen

Pengamen sudah menjadi makanan sehari-hari yang menemani perjalanan saya di bus. Namun hari ini dalam perjalanan pulang dari kampus, saya mendengar seorang pengamen yang berbeda dari biasanya. Bukan karena parasnya, bukan karena suaranya, bukan karena lagu-lagu yang dibawakannya. Tetapi karena dia berhasil mencuri perhatian saya. :)

Pengamen ini menyanyikan lagu Ebit G Ade dan sepanjang dia bernyanyi saya hanya mendengar secara biasa saja. Namun setelah selesai bernyanyi, ia menyampaikan ceramah yang kemudian menarik perhatian saya untuk mendengarkan apa yang dikatakannya. Mungkin ia berbicara sekitar 10 menit. Ia berbicara mulai dari topik bencana alam yang sedang terjadi di Indonesia yaitu gunung meletus, banjir bandang di Wasior, dan tsunami. Kemudian mengarah pada pembahasan kompor meledak dan ketidakjujuran politikus. Katanya mengenai kompor meledak, "Jangan tanya pada saya atau pun rumput yang bergoyang, tapi tanyalah pada SBY. Mengapa memberikan BLT hanya menjelang pemilu, bukan setelah pemilu dimana banyak rakyat yang menderita." Saya pun tersenyum dalam hati mendengar kata-katanya, terutama pada kata-kata "rumput yang bergoyang", mengingatkan saya pada guru SMP yang sering mengucapkan kata-kata itu. ^^ Setelah itu ia berbicara mengenai Tuhan. Ia menyinggung kejadian Nabi Nuh dan hendak menekankan mengenai kuasa Tuhan dan janji Tuhan. Kemudian ia menyampaikan bahwa kita harus banyak berdoa karena kita ini manusia yang lemah tapi Tuhan berkuasa. Pada bagian penutupnya, ia meminta dengan menggunakan pemilihan kata yang sopan dan tidak memaksa penumpang untuk memberikan jika uang yang dimiliki penumpang adalah pas-pas-an.

Saya cukup terkesan dengan pengamen yang satu ini, karena lain daripada yang lain. Belum pernah saya menemukan seorang pengamen yang seusai bernyanyi menyampaikan ceramah seperti dia. Penasaran, kalau seandainya bertemu lagi di bus, apakah isi ceramahnya masih akan sama atau berbeda ya. ^^ Pulang kuliah masih dapat kuliah di bus. =)

No comments: