Enjoy

Enjoy

Welcome to YoeL's Blog

Thank you for visiting my blog. Hopefully my writing will be a blessing for you. ^^

Saturday, June 30, 2012

Mimpi Sejuta Dolar

"Setiap orang menyimpan kenangannya sendiri-sendiri tentang tempat yang pernah memberi arti bagi hidup mereka. Termasuk kampus yang mendidik mereka menjadi sarjana." 

"Betapa pentingnya kata itu, semangat. Sebuah perasaan yang mampu memimpin pikiran dan kehendak manusia untuk bergerak dan membuat satu perubahan."

"Di sanalah aku belajar memahami bahwa hidup, sesulit apa pun, adalah sesuatu yang harus diapresiasi dengan usaha yang nyata, bukan sesuatu yang berlalu sia-sia, atau ditangisi. Aku bersyukur karena kesadaran itu telah kumiliki sejak muda."

"Dalam hidup, manusia bisa tiba-tiba dibenturkan pada sebuah keadaan sulit yang tak pernah tergambar di dalam benak. Di saat tak ada cara lain untuk bertahan itulah, kita dikenalkan pada kekuatan diri yang tersembunyi."

"Ketika hidup memberi kita kenyamanan, kita tak pernah tahu bahwa diri kita mempunyai kemampuan jauh dari yang kita bayangkan. Kekuatan itu bersemayam dan menanti alam membiarkannya muncul dengan natural dan menunjukkan kebolehannya, ketika kita dihadang oleh kesulitan."

"Kebanyakan dari kita tak pernah menduga bahwa sesungguhnya kita memiliki ketangguhan yang amat luar biasa. Kita baru menyadari itu ketika terjepit dalam kondisi yang sangat sulit, dan tak ada jalan keluar lain selain bertahan, dan bertahan. Di sanalah kekuatan demi kekuatan akhirnya muncul seperti pasukan darurat yang menyelamatkan."

"Hikmah ini sangat penting bagiku, ketika kita tidak bisa melakukan apapun kecuali bertahan, maka yang harus digenjot dalam diri kita adalah keikhlasan dan kesabaran yang kuat."

"Ya, situasi sulit itu harus jadi pelontar untuk maju. Bukan peluit untuk bergerak mundur."

"Aku memang menjadi dewasa dengan mendadak karena kondisi. Jadi kuputuskan untuk mengolah masalahku sendiri dengan dialog-dialog yang kubentangkan dengan diri sendiri."

"Tapi kehadiran partner yang menyeimbangkan dan bisa saling mengisi akan menyuntikkan energi lebih. Kadang diri kita tidak terlalu mengenali energi dahsyat yang bisa diolah menjadi sesuatu yang mendobrak. Kehadiran teman bicara yang pas bisa menstimulasi lahirnya kepekaan itu. Selama ini aku  membiarkan dialog-dialog kegelisahan hanya berkubang di dalam perasaanku. Ketika bertemu dengan Alva, kegelisahan itu bisa dijabarkan menjadi pemikiran dan langkah-langkah yang jelas."

"Bahwa ketika seseorang telah berhasil sabar dan bertahan untuk bersikap positif dalam kemiskinan, sebetulnya dia mampu meningkatkan itu dengan melalukan upaya. Karena dasar dari keberhasilan perjuangan adalah ketabahan dan kegigihan."

"Masa-masa itu merupakan penggodokanku memasuki transisi ke ranah baru, kematangan mental mencari uang. Itu butuh kedewasaan."

"Diri kita perlu dilatih dari tahap nol. Mental kita perlu dibentuk dari situasi yang sangat menguji ketabahan. Itu modal dasar yang sangat penting agar seseorang tumbuh berkembang dengan kepribadian yang tangguh. Kita harus yakin bahwa kondisi akan berubah. Dengan demikian pikiran kita akan terangsang untuk terus mencari jalan."

"Manusia bisa bermimpi apa saja, karena semua yang bisa kita khayalkan adalah sesuatu yang mungkin kita gapai. Kekuatan dan kepintaran adalah modal. Tapi tidak ada yang lebih dahsyat dari keberanian dan ketekunan."

"Kita mungkin memiliki bakat dan tekad. Tapi sebagian orang memerlukan bantuan orang lain atau sarana yang bisa membuka dan segera menajamkan kehendak. Dengan melakukan diskusi yang rutin dan tajam, pikiran kita akan terasah untuk menajamkan pengetahuan tentang apa yang kita harapkan, dan jarak kita menuju realisasi kehendak semakin dekat. Semakin sering kita membahas harapan kita, mencari tahu cara-cara mencapainya, dan memperkayanya dengan pemikiran-pemikiran dari ragam sumber pengetahuan, semakin terdorong kita untuk melakukannya dengan konkret."

"... betapa pentingnya keberanian. Jika dijabarkan, keberanian itu bisa mencipta banyak turunan. Seperti, adanya motivasi, kehendak untuk bergerak, ketidakraguan, dan pencarian. Jadi keberanian adalah motor yang sangat penting untuk bisa membawa kita pada langkah-langkah yang lebih agresif."

"Aku bisa mengatakan bahwa dunia boleh memberikan kita modal, ilmu, dan relasi. Tapi keberanian, hanya diri kita yang memproduksi. Tidak ada seorang pun di dunia yang bisa menjual atau memberikan sofware keberanian."

"Jadi, ketika gagal mencapai apa yang kita harapkan, selalu hidupkan optimisme dan berpikir bahwa akan ada jalan lain yang tak kalah indah yang tengah dipersiapkan untuk kita."

"Berani bertindak belum tentu menjamin keberhasilan. Namun tidak bertindak sudah pasti menjamin kegagalan."

"Menyikapi kegagalan harus disertai dengan kedewasaan. Kami tidak perlu menyalahkan diri kami. Kami sudah cukup "jatuh" dengan kegagalan ini, tidak perlu ditambah dengan tudingan pada diri sendiri."

"Kegagalan sebetulnya sebuah misteri Ilahi yang dibuat untuk membentuk kita agar semakin kuat.

"Betapa berharganya ketabahan, ketegaran dan perjuangan. Semua ini bermula dari pengetahuan total keberanian seorang gadis yang tidak bisa memilih jalan keluar apa pun kecuali memaksakan diri untuk berani."

"Hidup adalah proses, dan di dalamnya ada pergumulan yang mengacu pada cita-cita untuk menciptakan kondisi baik dari waktu ke waktu."

Mimpi Sejuta Dolar, sebuah buku kisah nyata seorang gadis bernama Merry Riana yang ditulis oleh Alberthiene Endah.


No comments: